Ada kesalahan di dalam gadget ini

Jumat, 30 Desember 2011

27 Desember 2011


Mungkin semua bertanya kenapa saya buat judul untuk entri saya kali ini tanggal 3 hari yang lalu?? Kenapa tidak tanggal sekarang saja?? Kan buat entrinya sekarang?? Yah, saya punya alasan tersendiri kenapa saya buat judul seperti itu. Karena pada hari itu lah saya mendapat kepastian setelah sekian lama menunggu. Ya kepastian tentang hidup dan masa depan.
Sebelumnya saya ingin bercerita sedikit tentang hidup saya beberapa bulan belakangan. Dimulai dengan dimulainya masa "job seeker" saya. Alhamdulillah pada tanggal 10 September 2011 saya telah resmi di wisuda dan mendapat gelar S.Si (Sarjana Sains). Sebelum wisuda saya juga sudah mulai mencari lapangan pekerjaan yang sekiranya cocok untuk saya. Pada hari sebelumnya bersama Angga dan Imel kami mencoba memasukkan lamaran ke Bank Mandiri untuk posisi ODP (Officer Development Program). Untuk fresh graduate seperti saya, ODP merupakan lapangan pekerjaan yang sangat cocok dan menjanjikan karir yang sangat cemerlang untuk masa depan. Untuk ODP Bank Mandiri punya 6 tahapan tes, yaitu:
1.     Walk In Interview
2.     TOEFL test
3.     Aptitude Test
4.     LGD (Leader Group Discussion)
5.     User Interview
6.     Medical Check Up test.
Itulah 6 tes yang harus dijalani untuk diterima dalam ODP Bank Mandiri.
Memang Tuhan punya jalan yang lain untuk saya. Saya dinyatakan tidak lulus tes tahap ke 3. Teman-teman saya (Icut, Maretha, dan Nike) lulus untuk tahap ke 4 yang tesnya berlokasi di Jakarta. Sungguh pada saat itu saya merasa sangat kecewa dan sedih. Pada saat itulah saya akhirnya memutuskan untuk mencoba peruntungan saya ke Jakarta seperti yang telah dilakukan oleh Angga. Dan Imel pun saya ajak untuk ikut serta. Dan ya dia pun menyanggupi karena memang sudah bosan menunggu hasil tes yang sedang diikutinya disini. Padahal dia sudah sampai User Interview untuk penerimaan ADP (Assistant Development Program)-nya BNI Syariah.
Dan pada akhirnya berangkatlah kami pada tanggal 21 Oktober 2011 tepat sehari sebelum hari ulang tahun saya. Memang pada akhirnya saya berpikir mungkin ini hanya karena emosi semata kenapa akhirnya saya memutuskan untuk ke Jakarta tanpa sebelumnya memikirkan perasaan seseorang yang sangat saya sayangi. Tapi inilah jalan Tuhan untuk saya. Setelah sampai di Jakarta, keesokan harinya kami langsung menuju Bogor. Karena kami memang berniat untuk mengikut Job Fair yang diadakan di IPB. Disana saya mencoba peruntungan lagi dengan kembali melamar sebagai ODP di BNI dan di beberapa perusahaan lainnya. Namun dari sekian banyak yg saya lamar disana, yang berkelanjutan hingga sekarang memang cuma BNI. Alhamdulillah. Untuk ODP BNI ini, tahapan yang harus saya ikuti lebih sedikit dari pada sebelumnya, yaitu:
1.     Tes Bahasa Inggris
2.     Psikotest
3.     FGD dan Wawancara Psikolog
4.     Wawancara User
5.     Tes Kesehatan.
Sehari setelah tes kesehatan lah saya akhirnya memutuskan pulang sambil menunggu hasil tesnya disini. Dan pada tanggal 27 Desember 2011 itulah saya mendapatkan hasil tes kesehatan saya untuk tahapan tes ODP BNI ini. Pada hari itu sekitar pukul 18.30 WIB sesaat setelah azan Magrib berkumandang, saya masih duduk di depan laptop saya. Pas pada saat saya ingin beranjak sholat, beranda facebook saya kebetulan sekali sedang refresh tampilannya. Saya pun langsung shock setelah melihat facebook BNI mengeluarkan note dengan judul “Pengumuman Hasil Tes Kesehatan Calon ODP Job Fair UI Tahap 2 dan IPB”. Saya yang tak sanggup melihat sendiri hasilnya langsung berteriak kepada Meri adik saya untuk membantu melihatnya. Dengan waswas saya menunggu di luar kamar, dan setelah mendengar teriakan Meri barulah saya berani masuk kamar. Saya langsung mendapat ucapan selamat dari Ibu dan Meri. Alhamdulillah. Nomor tes saya tertulis disana sebagai salah seorang yang lulus dalam semua tahapan tes untuk menjadi ODP BNI. Alhamdulillah Ya Allah. Tuhan memang punya rencana lain untuk saya. Memang sampai saat ini saya masih belum mendapatkan telepon dari pihak BNI yang mengabarkan waktu dan tanggal untuk agenda selanjutnya yaitu penandatanganan SPK. Namun dengan dinyatakan lulus saja saya sudah sangat senang sekali. Melihat rona bahagia Ibu dan Ayah. Tujuan utama keinginan saya untuk bekerja adalah Ibu dan Ayah. Saya berjanji pada diri sendiri untuk bisa membuat Ibu dan Ayah bahagia di hari tuanya. Memang jalan kedepannya akan sangat berat terutama untuk saya dan dia. Saya tahu, jarak yang akan terbentang nanti akan menyulitkan langkah kami berdua. Tapi saya yakin, kami bisa melaluinya. Hanya dua mimpi saya dalam hidup ini: membahagiakan Ayah dan Ibu, dan hidup bahagia bersamanya. Amin YRA.

1 komentar:

  1. kunjungan gan.,.
    bagi" motivasi.,.
    Tuhan lebih tau segala hal daripada kita.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

    BalasHapus